1.
PERILAKU ANAK SHOLEH
1.a. Sebelum kelas dimulai, Ustadz/ah menulis di
papan tulis sbb :
Berilah tanda (v) jika
itu perilaku anak sholeh.
Berilah tanda (x) jika
itu perilaku anak tidak sholeh.
1.
Mengaji ( )
2.
Berteriak-teriak ( )
3.
Berkata jujur ( )
4.
Berbohong ( )
5.
Menolong Ibu ( )
6.
Meminjami pensil ke teman ( )
7.
Salim pada Ustadz/ah ( )
8.
Memberi Salam ( )
9.
Buang sampah sembarangan ( )
10. Memukul teman ( )
b. Santri disuruh menulis ( sambil menunggu santri
lain menulis, panggil salah satu Santri
untuk
disimak Iqronya )
c. Kumpulkan buku Santri untuk dinilai (bisa diberi
gambar bintang senyum/matahari
senyum,
tidak dengan angka. Cukup dengan kata-kata seperti Sip, Ok, Good/Great
^_^)
d. Menyuruh santri menjawab bersama “Ayo kita
koreksi bareng-bareng. Nah jawabannya
apa? Siapa
yang mau menjawab ke depan? Mencentang atau menyilang, ayo maju ke
papan
tulis.” (sambil melatih mental santri). Nah setelah bergiliran lalu dibaca
&
dikoreksi
bersama)
2. Klasikal
“nah Dik, ayo dibaca bareng-bareng.” (melihat papan
tulis lagi)
“satu, mengaji, lihat tandanya, sholah ga? Iya
solah, tandanya berarti centang.”
“Dua, berteriak-teriak di dalam masjid, lihat
tandanya Dik, sholeh gak? Iya tidak sholeh.” Dan seterusnya.
“Dik, yang membuat kita hebat, yang membuat kita
mulia, yang membuat kita masuk syurga bukanlah cantiknya, tingginya, putihnya.
Apa-apa yang baik itu sholeh. Nah Adik-adik mau jadi anak sholeh kan? Coba
ngacung siapa yang mau jadi anak sholeh? (sambil mengangkat tangan ) Ok,
pintar. Jadi anak yang sholeh ya Dik, biar disayang Allah, disayang Ayah Ibu,
disayang temen dan masuk syurga.
No comments:
Post a Comment