Saturday, April 7, 2012

Tuhan Saya Satu (1)

1. TUHAN SAYA SATU

1.        Memahami bahwa Tuhan kita adalah Allah, dengan memperkenalkan lagu kepada Santri
*Nada topi saya bundar (disertai gerakan)
-Tuhan saya satu  (menunjukkan satu jari telunjuk)
             -Satu Tuhan saya (jari telunjuk dikedepankan)
-Kalau tidak satu (sambil menggoyang-goyangkan jari telunjuk [mengisyaratkan kata tidak]
-Bukan Tuhan saya (kedua telapak tangan diarahkan ke dada [menunjuk pada diri sendiri]
*ulangi nyanyian 3x /secukupnya.

2.       Klasikal
“Adik-adik, Tuhan kita ada berapa? (“iya satu” menjawab bersama Santri) Siapa Tuhan kita dik? Iya jawabannya Allah. Siapa yang menciptakan bintang, matahari, gunung, langit? Iya yang menciptakan semua adalah Allah. Jadi yang menciptakan semua ini adalah Allah.”

3.       Lagu diulangi lagi, tapi kata ‘Tuhan’ diganti oleh ‘Allah’  (pertama Ustadzah mencontohkan).
Tuhan saya Allah
Satu Tuhan saya
Kalau tidak Allah
Bukan Tuhan saya
            Ulangi nyanyian dengan gerakan yang sama.

4.       Sebelum  disimak mengaji, setiap anak ditanya.
“Tuhannya ada berapa? Siapa Tuhannya? Siapa yang menciptakan langit, matahari, gunung dan bintang?”

5.       Sebelum ditutup, diadakan klasikal lagi, menyanyikan lagu “Tuhan saya satu” dan “Tuhan saya Allah”.

No comments:

Post a Comment