Saturday, April 7, 2012

Membaca Al Qur'an Mendapat Pahala (12)

2. MEMBACA AL QUR’AN MENDAPAT PAHALA

1.       a. Sebelum kelas dimulai, Ustadz/ah menulis di papan tulis sebagai sbb :
-          Al Qur’an wahyu dari Allah yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad sebagai petunjuk hidup manusia.
-          Al Qur’an terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6666 ayat. (yang dihafalkan)

b.      Santri diberi waktu menulis dan menghafal 8 menit.
c.       Membaca Iqro, sebelumnya Ustz/ah mengulangi  kalimat (berdua dengan Santri) “Al Qur’an wahyu dari Allah yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad sebagai petunjuk hidup manusia”. setelah itu ditanya “Al Qur’an ada berapa juz, berapa surat, berapa ayat?”

2.      Game
*gambar tulisan seperti ini diatas kertas karton berwarna
*gambar juga di kertas origami lalu dipotong=potong menjadi beberapa bagian (puzzle)
*tempel kertas karton warna di papan tulis.
*bagikan potongan puzzle ke Santri (bila Santri banyak, buat ke dalam beberapa kelompok, sesuai jumlah kertas yang di buat).
*beri waktu 5 menit/sampai Santri menyelesaikan puzzle.






3.      Klasikal
[Ustz/ah menerangkan kertas karton yang dipapan tulis]
“Dhek ada yang tahu maksud tulisan ini?”(sambil menunjuk tulisan di papan tulis).
“Kata Rasulullah : “satu huruf Al Qur’an yang kita baca dicatat 1 kebaikan. Dar satu kebaikan mendapat 10 pahala”.

 “Jadi Dhek, kalau kita baca Al Qur’an banyak banget kan pahalanya? Kita baca Bismillahirrohmanirrohim aja dapat pahala. Berapa pahalanya? Ayo coba dihitung Bismillah ada berapa huruf? Ayo cepat-cepatan siapa yang benar”. (sambil Ustz/ah menulis Basmallah di papan tulis)


       “Hayo jawabannya ada berapa? Hayo coba hitung....Nah yang benar Basmallah itu ada 19 huruf, kok bisa? Ayo kita hitung bareng-bareng ya. Huruf sebelum ‘ro’ yang ini (alif), yang tegak ini ikut dihitung juga. Coba bayangkan baca Bismillah saja ada 19 huruf berarti kita dapat 19 kebaikan dikali 10 pahala jadi berapa hayo?(sambil ditulis perkaliannya. Dapat 190 pahala. Banyak banget kan? Jadi adhek-adhek yang rajin baca Al Qur’annya ya biar banyak pahala, nanti masuk syurga. Hayo kalu ke syurga minta apa? Bisa minta pizza, bisa renang di kolam susu. Ayo mas Umar (menunjuk salah satu Santri)kalau di syurga minta apa?...Allah baik banget kan..Nah mulai dari sekarang kalian rajin-rajin ya baca Al Qur’an.”

No comments:

Post a Comment