Saturday, April 7, 2012

Al Qur'an Sebagai Petunjuk Hidup Manusia (8)


4. AL QUR’AN SEBAGAI PETUNJUK HIDUP MANUSIA

1.    a. Sebelum kelas dimulai, Ustadz/ah menulis di papan tulis sebagai sbb
Mu’zizat Nabi Musa?
Mu’zizat Nabi Ibrahim?
Mu’zizat Nabi Isa?
Mu’zizat Nabi Sulaiman?
Mu’zizat Nabi Nuh?
(Santri mengisinya sendiri)
 b.    Sambil menunggu menulis dan menjawab, Santri satu persatu maju untuk disimak tilawahnya, sambil menunggu teman yang lain menulis)
c.    Ustz/ah menjawab pertanyaan di papan tulis.
Mu’zizat Nabi Musa : membelah lautan
                     Ibrahim : tidak panas dibakar api
                     Isa : menyembuhkan orang sakit
                     Sulaiman : menguasai angin & berbicara dengan binatang
                     Nuh : membuat kapal

2.    Klasikal
“Kalau Nabi Muhammad apa?(nanti ustz/ah cukup menjawab Al Qur’an saja). Nah Adik-adik, ada yang tahu mengapa Nabi Muhammad mu’zizatnya tidak hangus dibakar api seperti Nabi ibrahim? Atau menguasai angin dan berbicara dengan binatang seperti Nabi Sulaiman? Seperti Nabi Isa yang menyembuhkan orang sakit atau Nabi Musa yang membelah lautan?
Karena Nabi Muhammad punya mu’zizat yang tak kalah hebat yaitu Al Qur’an, karena mu’zizat nabi-nabi itu hanya dapat dilihat kaumnya saja. Tetapi kalau Al Qur’an itu untuk sepanjang masa sampai hari hari kiamat dijaga Allah, untuk petunjuk hidup kita.”
 “Oiya ada satu lagi keistimewaan Al Qur’an. Mau tahu kehebatan Al Qur’an? Ok perhatikan apa yang usdz/ah tulis ya.”
Kata Rasulullah “Satu huruf Al Qur’an yang kita baca dicatat 1 kebaikan. Dari satu kebaikan mendapat 10 pahala.”

3.    Ustz/ah menulis sbb :
Al Qur’an terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6666 ayat. ( “coba dihafalkan sebentar ya”)
Sambil menunggu dihafalkan, lalu ustz/ah menulis dipapan tulis sbb :


4.    Klasikal
““Jadi Dhek, kalau kita baca Al Qur’an banyak banget kan pahalanya? Kita baca Bismillahirrohmanirrohim aja dapat pahala. Berapa pahalanya? Ayo coba dihitung Bismillah ada berapa huruf? Ayo cepat-cepatan siapa yang benar”. (sambil Ustz/ah menulis Basmallah di papan tulis)


      “Hayo jawabannya ada berapa? Hayo coba hitung....Nah yang benar Basmallah itu ada 19 huruf, kok bisa? Ayo kita hitung bareng-bareng ya. Huruf sebelum ‘ro’ yang ini (alif), yang tegak ini ikut dihitung juga. Coba bayangkan baca Bismillah saja ada 19 huruf berarti kita dapat 19 kebaikan dikali 10 pahala jadi berapa hayo?(sambil ditulis perkaliannya. Dapat 190 pahala. Banyak banget kan? Jadi adhek-adhek yang rajin baca Al Qur’annya ya biar banyak pahala, nanti masuk syurga. Hayo kalu ke syurga minta apa? Bisa minta pizza, bisa renang di kolam susu. Ayo mas Umar (menunjuk salah satu Santri)kalau di syurga minta apa?...Allah baik banget kan..Nah mulai dari sekarang kalian rajin-rajin ya baca Al Qur’an.”



No comments:

Post a Comment