Saturday, April 7, 2012

Al Qur'an Sebagai Petunjuk Hidup Manusia (4)


1. AL QUR’AN SEBAGAI PETUNJUK HIDUP MANUSIA

1.       a. Sebelum kelas dimulai, Ustadz/ah menulis di papan tulis sebagai sbb :
Orang yang membaca al-Qur'an dan ia mahir dalam membacanya maka ia dikumpulkan bersama para malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca al-Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat dalam membacanya, maka ia mendapat dua pahala."(Hr Bukhari-muslim)
b. Santri disuruh menulis dan menghafalkannya.(10 menit).
 c.       Santri membaca Iqro dan ditanya hafalannya.

2.      Klasikal
“Nah dik, yang ditulis di papan tulis tadi namanya hadist. Hadist adalah perkataan Nabi yang diriwayatkan/diceritakan oleh sahabat Nabi. Hadist ini diceritakan oleh Bukhari dan Muslim. Ayo kita baca lagi (membaca bersama-sama).”
“Siapa yang merasa kesusahan baca Al Qur’an? Siapa yang merasa gak lancar baca Al Qur’an, hayo ngacung? Ga lancar itu namanya terbata-bata. Nah Dhik kalu kita kesusahan baca Al Qur’an, bacanya tersendat-sendat, terus saja dibaca ya, jangan putus asa. Karena Allah akan memberi pahala dobel buat yang bacaannya ga lancar tapi tetap berusaha baca dengan lancar. Karena kesulitan kita dinilai oleh Allah dan nanti kalau kita sudah ahli baca Al Qur’an kita mendapatkan tempat yang mulia, tempatnya bersama malaikat.”


No comments:

Post a Comment