Saturday, April 7, 2012

Al Qur'an Sebagai Petunjuk - GAME (11)


1.       AL QUR’AN SEBAGAI PETUNJUK (GAME)

*Siapkan slayer (untuk tutup mata)
*Siapkan area secukupnya tapi dibatasi dengan batas yang jelas. (jangan terlalu luas sehingga yang jaga susah menangkap kawan & tidak terlalu sempit sehingga sampai berdesakan).

1.      CARA MAIN
a.       Ingatkan santri untuk tidak saling mendorong, jika ada yang mendorong/terjatuh/keluar dari area, dia langsung jaga.
b.      Menentukan siapa yang jaga (ditutup mata dengan slayer)
Klo bisa yang jaga pertama adalah ustz/ah-nya, atau bisa juga menunjuk salah satu Santri dan diberi pertanyaan. Misal : dimana kiblat kita? (kabah) kalau tidak bisa disuruh jaga.
c.       Yang jaga menangkap mangsa (Santri lain berlarian tapi masih dalam batas area). Apabila mangsa tidak tertangkap-tangkap maka salah satu ustz/ah bisa memberi arahan (ke kanan/kiri/depan/belakang). Jika 2-4 menit belum tertangkap, ustz/ah bisa menggandeng yang jaga ke salah satu santri yang berlarian.
d.      Permainan  diulangi sampai 5x/sampai Santri terlihat kelelahan.

2.      Klasikal
“Gimana Dhek tadi permainannya? Siapa yang jaga tadi ngacung? Nah, tadi pas ditutup matanya bisa melihat apa tidak? Terus tadi bisa menangkap karena ada arahan dari ustz/ah nya bukan?”
            “Begitulah dengan hidup ini Dhek, kita akan gelap dan tersesat bila tidak mendapat petunjuk/arahan. Tahukah Dhek, petunjuk/arahan hidup ini apa? Hayo siapa yang tahu? Iya, arahan hidup kita adalah Al Qur’an. Disini Allah memberi pengajaran banyak hal kepada kita. Dahulu kala ketika orang-orang belum tahu bahwa bumi itu berputar, di Al Qur’an sudah dijelaskan. Dahulu ketika orang-orang belum tahu bagaimana terjadinya hujan, di Al Qur’an sudah dijelaskan. Banyak sekali Dhek arahan di dalam Al Qur’an. Tentang bagaimana berbuat baik pada ibu dan ayah, saling tolong menolong dan saling menyayangi. Nah oleh sebab itu disini kita belajar Al Quran. Hayo siapa yang sudah Qur’an? Nanti kalau sudah Qur’an dibaca ya artinya biar ngerti.”


No comments:

Post a Comment